Selasa, 12 Oktober 2010

Akulturasi

Akulturasi adalah pertukaran sebagian dari kebudayaan yang terjadi saat beberapa individu tergabung dalam suatu grup dan mengalami kontak langsung secara terus menerus sehingga menybabkan terjadinya suatu perubahan terhadap salah satu atau kedua grup budaya tersebut, meskipun kedua budaya tersebut tetap berdiri sendiri.

Mudahnya pertukaran nilai budaya ini terjadi karena adanya proses penerimaan baik dari salah satu budaya atau keduanya terhadap suatu budaya asing yang masuk kedalam kebudayaan asli.

Contoh akulturasi pada bangsa indonesia adalah saat masuknya kebudayaan islam yang berasal dari arab dan india dan dibawa oleh para saudar. Dimana para saudagar tersebut pada akhirnya menetap san menikah dengan wanita pribumi sehingga terjadi suatu asimilasi dalam kebudayaan pribumi yang dulu merupaka kebudayaan hindu jaman dahulu. Contoh lain adalah saat penyebaran agama oleh wali songo dimana salah satu wali tersebut menggunakan suati media yang sudah dikenala oleh masyarakat jawa saat itu dan menggabungkannya dengan nilai-nilai islam seperti wayang yang biasa digunakan untuk menceritakan kisah dari dewa hindu digunakan untuk menceritakan nilai dan moral dalam islam.

Akulturasi. Berlangsung selama masyarakat itu hidup san bersosialisasi terhadap lingkungan yang beragam. Jadi tidak hanya terhadap budaya yang sudah ada dengan budaya asing saja tetapi juga antara budaya budaya yang sudah ada. Dalam dunia dewasa ini proses akulturasi yang terlihat adalah penyerapan budaya-budaya barat baik itu berupa nilainya dan macam sebainya. Tidak seperti jaman dahulu dimana akulturasi terjadi kontak fisik sekarang ini itu tergantikan dengan kemajuan teknologi informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar